Senin, 01 Desember 2014

Jam Tonaas Tonsawang



Setiap aktivitas manusia apakah mau ke kantor, tamasya, kesekolah, berbelanja, dll tak akan lepas dengan namanya waktu {Jam}, demikian halnya dengan Budaya.
Memang setiap detik, menit, jam yang dikaruniakan oleh Opo Empung {Ningumeled} baik adanya, tetapi dalam hal Budaya kita harus memperhatikan jam-jam tertentu saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan Laut i Matu'a (Kebiasaan Orang Tua).

Ada suatu kebiasaan dari anak Suku Tonsawang / Toundanouw khususnya Pemerhati Budaya Tonsawang didalam melakukan suatu kegiatan baik dalam mendatangi tempat leluhur, melakukan pengobatan tradisional, mengambil pakakas {Pusaka} leluhur, melakukan Ritual, dsb, menggunakan Jam seperti gambar di bawah.

Gambar : Jam yang digunakan anak suku Tonsawang
Gambar tersebut di atas adalah Jam beserta hari yang sering dipakai oleh Pemerhati Budaya Tonsawang / Toundanouw pada saat melakukan sesutu yang berkaitan dengan Budaya.

Terkadang banyak yang tidak mengetahui bahwa ada jam-jam tertentu yang harus diperhatikan saat melakukan sesuatu kegiatan yang berhubungan dengan leluhur {Budaya}, sehingga banyak yang mengalami suatu kegagalan atau apabila ada yang akan di ambil mengalami penundaan dsb.

Contoh Penggunaan Jam/Hari tersebut di atas :
Seumpamanya hari ini Minggu dan kita mau ke Batu Pinawetengan {Pinabetengan}, kita perhatikan pada tabel Hari/Jam, Minggu dan sebaiknya saat kita hendak keluar rumah kita gunakan jam Cinta / Bicara / Raja. Seperti pada gambar di bawah ini :




Yang di lingkar dengan Warnah Merah adalah waktu yang baik dalam melakukan suatu kegiatan.

Itulah jam yang harus diperhatikan, tetapi intinya Berdoa dan minta pertolongan kepada Opo Empung / Ningumeled supaya apa yang akan kita lakukan berhasil.

Semoga Postingan ini bermanfaat...... dan selamat mencoba.....!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More